Blogilicious kito Palembang dan kembalinya si anak hilang

Sebenarnya saya mulai ngeblog di tahun 2004 dan itu berarti sekarang sudah 7 tahun lamanya.Blog pertama saya saya adalah menapaki jalan langit dan sekarang masih bisa di akses.Pada awalnya isi blog saya adalah copas dari beberapa tulisan yang saya anggap menarik dan kemudian berlanjut dengan membuat beberapa tulisan sendiri. Isinya mungkin hanya beberapa hal yang mungkin tidak penting.

Kehidupan blog saya pun naik turun. kadang mesra dalam artian di update setiap saat kadang pula di biarkan terlantar selama berbulan-bulan.Setahun terakhir kehidupan karir saya sedang menanjak sehingga praktis kehidupan saya sebahagian besar hanya berkutat dengan pekerjaan.Jangankan untuk nge-blog untuk keluarga pun rasanya waktu itu sangat terbatas. bahkan dalam mimpi mimpi saya pun pekerjaan di kantorlah yang selalu terbayang.

Perkenalan saya dengan Bair sebagai sesama perantau di Palembang akhirnya membawa blog saya mengalami peningkatan sehingga akhirnya blog daengadda akhirnya bisa terwujud.

Saya termasuk blogger semangat 45 dan drafter. Bagaimana tidak semangat saya ngeblog hanya 4- 5 bulan dan setelah itu hilang sudah.Postingan terakhir saya pun di bulan agustus dan sekarang sudah bulan juni.Drafter? ya drafter karena sebagian besar postingan saya hanya berakhir di draft tanpa  di publish.Kalo anda bisa melihat tulisan draft saya ada banyak sekali.Isinya hanya satu atau dua paragraf dan kemudian berhenti di situ saja. Di awal tahun lalu saya sempat berfikir ya sudah mungkin saat ini sudah saatnya untuk saya berhenti dan meninggalkan dunia blog tapi karena sesuatu hal maka blog ini pun tetap ada.

Beberapa hari sebelum pelaksanaan acara Blogilicious kito Palembang saya menerima udangan dari Nike untuk menghadiri acara tersebut.Saya pun menyanggupi untuk datang ke acara tersebut.Terus terang saya datang ke acara ini tanpa expetasi apapun kecuali mungkin saya akan bertemu beberapa orang teman.

Acara ini sendiri berlangsung selama dua hari dengan berbagai materi yang menarik.Di pandu oleh Pak Amrill, Salah seorang penasehat dari Angingmamiri.com . Kami sempat berbincang banyak di sela sela sesi dan beliau pun mengenalkan saya pada Mbak Rika,Business Director Idblognetwork pada akhir acara.

Hari pertama di sesi pertama,Materi tips dan trik blogging oleh Ira Hairida dan Etika blogging oleh Donny BU berlangsung seru.di situ di paparkan teknik blog dasar dan attitude apa yang harus dijunjung dalam aktifitas blogging.Saya sempat bertanya di sesi ini dan dapet satu CD lini massa. Pak Alam dan Andi Saleh temen duduk saya di belakang senyum-senyum kecil. “wah si goodie hunter dah mulai beraksi “kata mereka.

Sesi kedua,Materinya Mobile blogging oleh Pak Widarno dari Telkom Flexi.Terus terang menyaksikan persentasi ini mengingatkan saya pada tempat kerja yang dulu.Koneksi mobile,hirarki jaringan dan seterusnya (no offense cuman curcol doang).Dilanjutkan dengan persentasi dari Pak Aris Heru Utomo dari komunitas Blogger Asean yang banyak memaparkan tentang sejarah Asean dan peran blogger di dalamnya.

Sesi terakhir,Mas Iman Brotoseno membawakan materi Social media.Saya sangat tertarik dengan sesi namun sayangnya saya hanya mengikuti setengah dari sesi ini karena telepon saya berdering dan saya berbicara lama dengan seseorang.Untungnya sesi terakhir tentang blogpreneur oleh Andika Wijaya bisa saya ikuti dengan baik.

Hari Kedua,Sesi pertama.Saya dibuat memahami seluk beluk SEO oleh Ibu Raden Ajeng a.k.a ajengkol.ternyata ada banyak hal yang belum saya lakukan setelah selama ini nge-blog.Jual – beli Online oleh Mas Steven Sondang memberikan pemahaman untuk sya bagaimana melakukan jual beli Online yang aman.

Materi Blog Monitize yang dibawakan oleh Mbak Rika dan Mas Kukuh seperti menyibakkan awan gelap di kepala saya apalagi di sesi ini banyak games dengan hadiah yang menarik. Dasar dasar desain dan persentasi tentang Desain Blog oleh Andi Saleh benar benar memukau mata saya.Acara blogilicius kito palembang pun di tutup dengan materi materi yang membahas seputar Blogging Security oleh Terren.

Dua hari materi berlangsung dan saya pun berusaha mengikutinya sebaik mungkin.Namun ada yang berbeda kali ini, saya kemudian menyadari bahwa ada yang terlewat atau mungkin terlupakan selama ini.Sesuatu yang mungkin menurut orang lain hal yang sepele tapi menurut saya itu hal yang berati.Apa itu ? GOAL….

Yup benar Goal atau tujuan. Selama ini saya ngeblog hanya karena saya ingin melakukannya. No other reason.Seperti seorang tentara yang terjun di medan perang. saya hanya tahu untuk membunuh sebanyak mungkin musuh tanpa tahu untuk apa melakukan semua ini.Saya bisa mengemudikan pesawat tapi saya  tidak tahu ke kota mana saya akan pergi.

Semalaman saya berfikir untuk melanjutkan semua ini kembali dengan satu tujuan sederhana yaitu menjadi orang yang berguna bagi sebanyak banyak orang. Mungkin saya bukan pakar di bidang yang sekarang saya geluti sekarang tapi saya berharap dengan tulisan saya ada beberapa orang yang bertambah pengetahuannya.

*ditulis setelah mengikuti blogilicius kito palembang

2 Comments - Add Comment

Reply