Hobby suami ada di tangan istri

“ Sudah tiga malam saya tidur di depan TV “ Kata seorang teman suatu ketika.

“ Kok bisa ? “ saya bertanya penuh selidik.

“ Struk beli velg kemarin lupa saya amankan. Istri saya ngambek “ katanya sambil tersenyum kecut.

Boys always be boys. Anak lelaki akan tetap jadi anak lelaki. Meskipun saat ini sudah punya anak lelaki. Yang namanya anak lelaki senang dengan mainan. Waktu kecil hobby: robot-robotan, sepeda, mobil- mobilan, Gameboy, Nitendo. Setelah beranjak dewasa dan seiring kemampuan finasialnya yang semakin membaik, macam hobby jadi lebih banyak. Dari yang waktu kecil hobby mobil-mobilan setelah dewasa jadi senang mobil beneran. Offroad, ceper, big foot, atau apalah jenisnya. Kalau bisa semua jenis pengen dimiliki. Jadi ingat kasus korupsi di sebuah daerah di Sumatera sana . (Ndak usah saya sebutlah soalnya sudah banyak yang tahu). Salah satu barang buktinya adalah action figure. Miniatur tiruan superhero yang berpose, terbuat dari plastik atau material lainnya. Karakternya sering diambil berdasarkan film, komik, video game atau acara televisi.

Masalahnya, bagi sebagian lelaki urusan hobby adalah urusan kepuasan batin. Yang jika diakui secara jujur membuat  harga menjadi bukan masalah. Asalkan benda impiannnya ada ditangan. Nah ini lah akar permasalahan yang nyaris menghantui ketenangan dan kedamaian rumah tangga. Sebab bagi sebagian ibu-ibu, membelanjakan uang untuk urusan-urusan hobby adalah tindakan menghambur-hamburkan uang. Mendingan ditabung untuk kepentingan keluarga.(benar juga sih).

Tidak semudah itu Ferguso !!

Tidak semudah itu Ferguso !!

Soal hobby, secara umum ada beberapa tingkatan:

#1 Good to have

Ini adalah fase awal, syukur udah punya. Baru mencoba. Bisa lanjut atau berhenti

#2 Upgrade

Nah ini biasanya sudah mulai cinta. Bertemu dengan komunitas. Orang-orang yang memiliki hobby yang sama. Disaat tidak terlalu lama, mulai mengganti part, menukar komponen baru dengan yang lebih baik. Improvisasi dan modifikasi

#3 Freak

Mengoleksi seri tertentu. Mencari barang-barang yang langka di pasaran. Atau memiliki koleksi yang limited edition.

Dari beberapa hobby, si anak lelaki ini memiliki tingkatan masing-masing. Di hobby sepeda misalnya dia sudah sampai ke tingkat freak namun di hobby motor baru sampai ke tingkat good to have.

Secara alami si anak lelaki akan terdorong memiliki pride terhadap masing-masing hobbynya. Karena beberapa tahun terakhir ini saya hobby bersepeda, contohnya seperti ini:

“Akui sajalah kalau hatimu panas. Sudah mengayuh kuat-kuat tapi disalip terus. Apalagi yang menyalip cyclist cewek. Cyclist cewek yang dulu mantanmu tapi tinggal nikah duluan pas lagi sayang-sayangnya. Sakitnya tuh disini !!!! ( tunjuk ke paha)

Sebenarnya  untuk hal ini, ada dua pilihan : pertama,latihan diperbanyak. Kedua: Upgrade sepeda. Walaupun buntut-buntutnya harus kembali lagi ke pilihan pertama.

Nah, karena saya lagi baik hati dan suka menolong. Ini ada tips buat biar upgrade sepeda yang aman. Tapi resikonya tanggung sendiri ya. Ya iyalah. Sepeda – sepeda kamu. Yang make – kamu sendiri. Masa iya saya yang suruh tanggung resiko.

#1 Selalu beli barang yang warnanya sama

Warna memang selalu punya pesona. Dulu saya pernah tulis disini. Ada seorang teman yang menerapkan ini. Dia bilang, selama warnanya sama, sang istri tidak bisa membedakan mana yang baru dan mana yang bukan. Karena pernah dia beli sepeda dengan warna berbeda, tiba-tiba tingkat kebisingan di rumah bertambah pesat.

baca juga: Ketika warna punya harga

#2 Upgrade barang perlu tapi downgrade harga itu perlu

Saya biasa ini lihat di toko sepeda. Ada juga di toko online. Bahkan ada toko yang punya layanan double struk untuk barang yang sama. Ndak usah lah saya bilang tokonya yang mana.

#3 Jumlah sepeda harus selalu sama

Rumus umum jumlah sepeda yang dimiliki adalah N+1. Dimana, N adalah jumlah sepeda yang dimiliki sekarang. Atau, gunakan rumus S-1, di mana S adalah jumlah sepeda yang bisa mengakibatkan perpisahan atau perceraian dengan pasangan Anda

Ketika akan membeli sepeda baru, pastikan untuk mengurangi jumlah sepeda yang ada di rumah. Tapi ini bukan berarti menjual. Bisa jadi ditaruh di kantor, disembunyikan di rumah teman, dan lain sebagainya. Kamu pasti lebih pintarlah soal menyembunyikan barang.

Kata kenalan yang menerapkan strategi ini, istrinya hanya bisa menghitung jumlah sepeda yang dia miliki. Tapi sang istri tidak bisa membedakan merek atau jenisnya. Jadi, selama jumlah sepeda sama, dia aman sejahtera

#4 Investasi pada barang kecil dan terlihat mirip

Crank 53/34 untuk jalan datar, sprocket 11/40 untuk menanjak , Duraace, 105, Sora. atau benda-benda seperti itu semuanya akan terlihat sama dimata sang istri. Tidak lebih dari piringan bergerigi. Pastikan saja warnanya sama. Sang istri tidak akan tahu yang mana yang 150 ribu yang mana yang 5 juta.

#5 Pasokan logistic harus dikirim ke tempat aman

Jangan pernah kirim barang ke rumah. Kirim ke kantor,rumah teman atau tempat lain yang cukup aman. Jangan kirim ke rumah teman yang lagi upgrade juga. Cukup kamu saja yang pusing.

#6 Hilangkan barang bukti

Hilangkan bukti, resi, log out dari marketplace kesayangan kamu sebelum pulang ke rumah.

#7 Bagaimanapun minta maaf lebih ampuh dari minta ijin

Seandainya memang sangat ingin membeli sepeda atau barang baru, dan tidak bisa lagi menahan hasrat. Maka prinsip teman saya yang lain bisa diterapkan: Minta maaf lebih gampang daripada minta izin.

Buat para suami, hobby memang melenakan dan menghabiskan banyak waktu dan materi. Tapi ingat ! kelaurga itu yang utama. Jangan karena hobby, pasokan untuk keluarga jadi berkurang. Dan untuk para istri : Beruntunglah memiliki suami yang hobinya bisa ibu-ibu ketahui dengan pasti. Ya, daripada suami malah sembunyi-sembunyi melakukan sesuatu yang negatif, tidak ada salahnya untuk memberinya dukungan positif untuk menekuni hobinya yang sudah ibu-ibu tahu dengan jelas. sukur-sukur malah ditambahin karena ibu- ibu baik.

Terakhir,

Kalau ada tips lain yang lebih ampuh kasi tahu saya ya. Lewat japri saja. Tidak usah ditulis di kolom komentar. Soalnya tips yang diatas itu sudah ketahuan sama istri saya semua.

Hobby bikin happy !!

Hobby bikin happy !!

30 Comments - Add Comment

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.