Kolam renang di rumah mungil : Mungkin kah ?

Punya kolam renang ( sekali lagi kolam renang ya … bukan kolam ikan ) di rumah punya keasikan sendiri.selain bisa berenang/berendam kapanpun anda mau,kolam renang juga adalah prestise tersendiri selain tentu menambah nilai ekonomis dari rumah itu sendiri.Saya sendiri pengen banget punya rumah yang ada kolam renangnya ( ya iyalah siapa yang ngak mau…).kalau misalnya ada yang ngajak berenang di kolam renang umum apalagi di sungai kan bisa di nolak mending berenang di rumah aja.

Kolam renag di atas atap

Kolam renang di atas atap

Kolam renang biasanya identik dengan rumah besar dan halaman yang luas.Rumah sederhana di kompleks perumahan gimana? Ya bisalah… saya sudah pernah bikin desainnya kok.Kolam renang di di sebuah rumah yang terletak di kompleks perumahan.Nanti saya akan upload deh desainnya dalam satu posting tersendiri.

Bagaimana caranya? Baiklah saya akan jelaskan. Sebelum rumah tersebut di bangun,sebaiknya dalam perencanaan awal kolam renang tersebut harus sudah ada dalam desain.hal ini di perlukan untuk memperhitungkan beban beban yang ada. beban dari kolam renang meliputi beban hidup,beban air dan berat sendiri dari komponen kolam renang tersebut. keseluruhan beban tersebut akan mempengaruhi dimensi kolom dan balok maupun ketebalan pelat lantai.

Bagaimana jika rumahnya udah jadi dan si pemilik rumah berencana untuk membuat kolam renang di lantai 2 atau lanati 3 rumahnya.Masih bisa kok. Cuman harus di lakukan hammer test dulu. hal ini untuk mengetahui apakah kondisi bangunan cukup kuat untuk menahan beban kolam renang.Kalo kuat ya silahkan di pasang.Kalo tidak ? jangan coba coba pasang.rumahnya bisa roboh. Trus gimana dong solusinya ? ada yang namanya building strenghtening.( nanti saya jelasin di postingan yang lain)

Sedikit saran : Untuk urusan hitung menghitung seperti yang saya jelaskan di atas berikanlah pada ahlinya daripada anda bingung sendiri.

Asyiknya berenang di kolam renang di rumah sendiri

Asyiknya berenang di kolam renang di rumah sendiri

Last but not least.berdasarkan source yang pernah saya baca,kolam renang mapu menurunkan suhu ruangan sampai 2 – 3 derajat lebih rendah sehingga dapat menghemat penggunaan AC.

So.. mari kita buat kolam renang di rumah sepanjang ada biaya untuk itu 🙂

2 Comments - Add Comment

Reply