Memilih perlengkapan bayi

USG
*Foto-foto USG-nya si dedek

Usia kehamilan Nia udah 7 bulan.Sesuai dengan beberapa petunjuk inilah saatnya untuk membeli keperluan bayi.Ternyata membeli keperluan bayi sedikit gampang-gampang susah.Berikut saya mencoba berbagi tips dan triknya.

Tips Pertama :
Terlebih dulu buatlah daftar belanja (shopping list).ada dua jenis keperluan yang perlu di siapkan yaitu keperluan untuk baby nya dan keperluan untuk sang bunda pasca melahirkan.
Apa saja yang perlu disiapkan dapat di tanyakan pada yang sudah melahirkan (berpengalaman) ataupun bisa di browsing di internet.

Berikut saya mencoba merekap apa yang di butuhkan
Keperluan untuk bayi :

  1. Stelan baju Panjang +Celana
  2. Atasan lengan pendek +tanpa lengan
  3. Celama pendek
  4. Sarung Kaki
  5. Baju Hangat
  6. Singlet
  7. Popok Kain
  8. Gurita
  9. Bedong
  10. Sapu Tangan handuk
  11. Bak Mandi
  12. Perlak
  13. alas karet
  14. sabun mandi
  15. Shampo+ sabun bayi
  16. Baby Lotion
  17. Bedak dan tepokannya
  18. Minyak telon
  19. Tempat tidur bayi (bagusnya yang sudah komplit dengan seprai,bantal dan kelambunya)
  20. Botol susu dan Dot
  21. Panci untuk sterilisasi dan penjepit
  22. Sabun dan sikat cuci botol

keperluan untuk bundanya :

  1. Bra Untuk menyusui
  2. Breast Pads
  3. Gurita untuk Bunda

Keperluan untuk bokapnya (loh kok ada….ya adalah…namnya juga bapak yang baik tapi sifatnya hanya optional dong kok):

  1. Mie instan 40 bungkus.di makannya 1 X 1 (sehari sebungkus…kayak obat aja..jangan melebihi dosis…awas!!!!!) kenapa mesti 40 bungkus.Bagi yang belum mengetahui (dasar sok tau….) wanita setelah melahirkan akan mengalami masa nifas selama 40 hari..nah setelah masa 40 hari ini barulah proses untuk pembuahan dedek baru bisa di lakukan (itu kalo mau langsung bikin adeknya hahahahahaha)
  2. Mesin Cuci,ini seeeh untuk ayah-ayah baru yang agak malas menggunakan ototnya untuk mencuci secara setelah habis melahirkan kondisi sang bunda masih lemah maka ada baiknya kalo sang ayahlah yang mengerjakan pekerjaan ini(masa masih lemah habis melahirkan bundanya langsung di suruh nyuci..dimana rasa tanggung jawabmu wahai ayah….)
  3. Kereta dorong bayi,sinar matahari pagi sangat baik untuk bayi (bener ngak ya..?) alangkah baiknya kalo suasana pagi diisi dengan sang bayi selain untuk menumbuhkan ikatan emosional yang lebih dalam lagi antara sang ayah dan baby juga lebih mengakrabkan diri dengan ibu-ibu kompleks hehehehehe…

Tips Kedua :
Carilah tempat yang murah dan bagus untuk membeli keperluan bayi ini.untuk bunda-bunda yang seperti istri saya yang memiliki skill menawar yang cukup bagus (sampai kadang-kadang sa geleng-geleng melihat “kekejamannya” menawar barang) sa sarankan untuk membelinya di pasar tradisional saja (kalo di palembang ini saya sarankan di pasar 16 ilir)selain koleksinya cukup banyak,pilihan jenisnya pun banyak,murah dan yang terpenting bisa di tawar hehehehe.

Tips ke tiga :
Jangan beli banyak-banyak pakaian bayi secara bayi tu kan cepat banget besarnya di samping itu kadang-kadang banyak yang ngasih hadiah pakaian bayi hehehehe.Oleh karena itu belinya cukup setengah atau satu lusin saja.Kasiankan kalo dah beli banyak tapi ngak bisa ke pake lagi berhubung bayinya sudah besar.
Untuk keperluan bayi seperti bedak (kalo disini namanya pupur),minyak telon ataupun shampo bayi sa sarankan langsung saja beli large size karena keperluan ini tidak bergantung pada besar kecilnya bayi,membeli keperluan bayi ini selain menghemat dari segi biaya juga menghemat tenaga supaya tidak bolak balik ke toko.

Oke deh…selamat berbelanja ya…..

8 Comments - Add Comment

Reply