Mengatur posisi dapur

Saya sering dengar beberapa orang yang mengeluh.Katanya “kalau begini caranya bisa bisa dapur saya ngak ngebul” .Lalu yang kurang peka biasanya akan menjawab ” kalau mau ngebul ya bakar aja”.ungkapan tadi menunjukkan elemen dapur di dalam rumah adalah elemen yang menjadi sangat penting.Dapur adalah simbol dari perekonomian keluarga.Saya sempat mengunjungi sebuah daerah dimana rumah adatnya ketika kita naik ke rumah ( rumah panggung) maka yang akan kita temui pertama bukan ruang tamu tapi  dapur.

Dapur adalah area servis dimana kegiatan masak memasak akan di lakukan.Disana saya menikmati kecantikan Farah Queen ataupun Rachel Ray meramu masakan (dari layar TV tentunya…).Saya seeh punya keyakinan bahwa beberapa pria tidak peduli dengan apa yang mereka masak.mereka seeh lebih senang memperhatikan “eye candy” atau si seksi koki dari pada enak tidaknya masakannya .Kalo saya seeh yang saya ingat setiap masakan selesai maka akan di akhiri dengan ucapan “this is it…”

Farah queen lagi masak

Farah queen lagi masak

OK back to topic..

Ibarat mengikuti ujian,Posisi menentukan prestasi. Posisi dapur dalam rumah sangat penting. Saran pertama saya, Jangan tempatkanlah dapur di tengah tengah kecuali anda punya alat khusus untuk mengatasi masalah asap dan bau. Sering kali sebuah rumah yang mengalami renovasi membuat dapur yang pada awalnya di pinggir menjadi di tengah.Kenapa hal ini menjadi begitu penting karena kegiatan masak memasak identik dengan asap bisa menggangu pernafasan penghuni rumah begitupun dengan bau yang bisa saja ada penghuni rumah yang alergi mencium bau bauan tertentu.

Dapur yang bersih membuat semangat untuk masak

Dapur yang bersih membuat semangat untuk masak

Saran selanjutnya, Tempatkan dapur di tempat yang memiliki sirkulasi udara maupun pencahayaan yang baik.Di dekat taman atau pun area yang memiliki sirkulasi udara yang baik.Ini untuk membuat asap dan bau bauan mudah untuk membaur dengan udara luar. Siapapun saya rasa  enggan untuk berada di dapur  pengap,sumpek dan bau.

Terakhir, Bila di rasa perlu penempatan beberapa exhaust fan maupun cooker hood bisa menjadi solusi alternatif masalah diatas.

Dapur sehat dan masakan lezat di jamin membuat suami makin sayang.Sampai jumpa

Reply