P Ramlee :Dimana kan kucari ganti

Awal mula saya mencari informasi tentang sosok P. Ramlee ketika Ahmad Dhani mempopulerkan lagu madu tiga.Lagunya menurut saya memiliki lirik yang ringan dan menghibur.Tak lama saya menemukan sebuah clip wedding yang bckground musicnya juga adalah lagu dari P. Ramlee.Lagunya juga menurut saya asik juga. Sejak saat itu saya banyak mendownload beberapa lagu beliau,menonton video klipnya di youtube dan sebagian lagu yang di nyanyikan ulang oleh penyanyi lain.

P Ramlee

P Ramlee

Tan Sri Teuku Zakaria Teuku Nyak Puteh Ramlee atau lebih di kenal sebagai P. Ramlee adalah seorang seniman yang paripurna yang populer era 60 sampai 70 an.Ayah beliau berasal Lhoksemawe Aceh pada tahun 1925 di Malaysia.Mahir memainkan berbagai alat musik mulai dari ukulele,gitar sampai biola.Beliau juga piawai dalam bernyanyi dan menciptakan lagu.Selama hayatnya beliau telah menciptakan ratusan lagu.Diantara ratusan lagu tersebut yang paling saya senangi adalah Dimana kan ku cari ganti dan getaran jiwa.

Kalau dilihat dari koleksi video di youtube maka lagu lagu P Ramlee banyak di nyanyikan atau di sadur dalam berbagai versi musik oleh penyanyi penyanyi lain. Sebut saja Siti Nurhaliza,Sheila Majid bahkan Ahmad Dhani.

Selain Musisi beliau juga di kenal sebagai aktor ,sutradara dan direktur perfileman.P Ramlee membintangi tak kurang dari 66 Judul Film dengan berbagai genre.Tak heran beliau mendapat julukan sebagai ” Seniman Agung “.

P Ramlee menikah dengan Junaedah Daeng Haris menikah pada tahun 1950 namun bercerai dari pada tahun 1954.Dari perkawinan ini beliau di karuniai dua orang anak yaitu Muhammad Nasir lahir yang pada tahun 1953 dan Arfan yang lahir pada tahun 1954. Perkawinan kedua beliau dengan Norizan pada tahun 1955 hanya berumur 6 tahun dan tidak di karuniai keturunan.Beberapa bulan setalah perceraiannya P. Ramlee menikah dengan seorang penyanyi terkenal bernama Saloma dan bertahan sampai akhir hayat beliau. perkawinan ini tidak karuniai keturunan namun beliau banyak memiliki anak angkat.

Pada tanggal 29 Mei 1973, di usia 44 tahun P. Ramlee Meninggal dunia karena penyakit jantung  dan dimakamkan di Pekuburan Islam Kuala Lumpur.Untuk mengenang jasanyah Yang Dipertuan Agung Malaysia memberikan penghargaan Bintang Kebesaran Darjah Panglima Setia Mahkota dan menambahkan gelar Tan Sri pada nama Ramlee.

6 Comments - Add Comment

Reply