Seni Bertualang Sendiri

Dihadapan jalan terjal dan penuh batu ini, saya berdiri tegak. Sejauh mata memandang,jalan ini semakin lama semakin menyempit. Di sisi kiri jalan, di atas batu besar, ada seekor biawak besar sedang berjemur. Kemilau sinar mentari memantul dari kulitnya. Mengandalkan ingatan setahun yang lalu, saya menyusuri kembali bukit batu ini. Ada celah kecil diantara pepohonan yang menjadi penanda jalan untuk naik. Musim hujan membuat daun tumbuh dengan lebat dimana-mana. Jalan yang saya cari tidak tampak sama sekali. Suasana disekeliling saya tampak begitu asing. Hati saya diliputi kebimbangan. Terus maju dengan keraguan ataukah berbalik arah . Dalam kesendirian ini saya menyadari, saya telah tersesat.

“Jika kamu ingin berjalan cepat, berjalanlah sendiri. Jika kamu ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama”

PEPATAH AFRIKA

Bertualang sendiri adalah sesuatu hal yang menyenangkan dan beberapa kali saya lakukan. Pernah dua tahun lalu saya bersepeda sendiri dari Makassar menuju ke kampung halaman di Sidrap sejauh 180-an kilometer. Potongan cerita diatas adalah salah satu peristiwa ketika saya berusaha naik ke Puncak Batu Saukang sendirian. Walaupun tentu saja jika dibandingkan dengan beberapa teman di komunitas yang sudah bersepeda sendiri sepanjang ratusan kilometer, saya hanyalah remah-remah rempeyek.

Baca : Dongeng Geologi dari dunia atas Saukang

Dalam bertualang sendiri, bukan hanya cerita indah yang menyertainya. Kita juga harus siap dengan segala resiko yang harus dihadapi sendiri. Saya terkadang mengalami ban bocor, kehabisan air minum, Sepeda atau alat yang digunakan rusak, sampai tersesat.

Seni Bertualang Sendiri 2
Berdiri diatas salah satu Puncak Saukang

Satu-satunya hal yang semoga saja tidak pernah terjadi adalah mengalami kecelakaan pada saat bertualang sendiri. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang sudah saya persiapkan jika hal itu benar-benar terjadi.

Baca : Apa yang harus dilakukan jika mengalami kecelakaan pada saat bertualang

Dengan segala resiko yang ada, tetap saja berpetualang sendiri itu adalah hal yang menyenangkan. Kenapa?

Kebebasan

Seiring usia maka tanggung jawab semakin besar dan kegiatan yang harus dilakukan semakin banyak. Hal inilah yang menyebabkan sebuah petualangan bersama teman-teman jauh lebih sulit. Jika dibandingkan masa sebelumnya, sebagian dari kita memiliki beberapa kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan. Hal inilah yang akan membuat petualangan bersama menjadi gagal untuk direalisasikan. Dengan melakukan petualangan seorang diri kita akan lebih mudah untuk mengatur jadwal kapan petualangan tersebut akan kita lakukan karena tidak perlu menyesuaikan dengan waktu luang partner kita.

Seni Bertualang Sendiri 3
Bertualang sendiri memberikan kebebasan kemana roda akan berputar atau kaki akan melangkah

Dengan melakukan petualangan seorang diri akan lebih mudah dalam menentukan tempat sesuai dengan yang disukai. Tidak hanya destinasi, berpetualang sendiri juga bisa menentukan sendiri penginapan, tempat makan. Berpetualang di lokasi yang memang idam-idamkan untuk dijelajahi tentu akan sangat seru dan menyenangkan.

Kebebasan inilah yang salah satu alasan terbaik untuk melakuan petualangan seorang diri. Selama berpetualang seorang diri kamu bisa melakukan yang diinginkan tanpa harus memikirkan apakah teman seperjalanan mau atau tidak.

Mandiri

Bertualang sendiri berarti bergantung pada diri sendiri. Bagaimana mengatur perjalanan sendiri, Keuangan selama perjalanan dan sedapat mungkin menggunakan potensi dan sumber daya yang dibawa untuk menunjang perjalanan termasuk kejujuran mengakui kemampuan diri sendiri. Bisa mengatur sendiri berapa dana yang akan disiapkan atau dikeluarkan untuk menikmati petualangan. Bahkan juga bisa melakuan penghematan tanpa harus merasa malu.

Mental

Bertualang sendiri berarti menguatkan mental dalam menghadapi semua kemungkinan resiko yang akan dihadapi. Tidak selamanya mungkin kita akan menemui hal-hal yang menyenangkan bahkan terkadang harus menghadapi situasi yang buruk. Namun disinilah mental kita diuji bagaimana menghadapi situasi tersebut.

Seni Bertualang Sendiri 4
Bertualang sendiri berarti siap menghadapi situasi buruk sendiri

Bertemu orang baru

Walaupun mungkin tidak direncanakan, saat berpetualang seorang diri kemungkinan bertemu dengan orang baru, disadari atau tidak, memang lebih besar. Kemungkinan untuk berinteraksi dengan orang lain akan lebih besar saat berpetualang seorang diri karena kamu pasti akan memesan di tempat makan atau bertanya kepada warga setempat tentang arah jalan yang akan dituju. Siapa tahu kamu bisa bertemu teman baru atau bahkan bertemu dengan jodoh saat sedang berpetualang seorang diri.

Seni Bertualang Sendiri 5
Menyeberangi sungai

Biarpun kamu melakukan sebuah petualangan seorang diri namun bukan berarti harus bersikap acuh tak acuh dan tidak membutuhkan orang lain. Justru dalam sebuah petualangan seorang diri kamu akan menemukan beberapa masalah yang butuh bantuan orang lain untuk mengatasinya seperti tersesat, butuh penginapan, atau masalah lainya.

Bertualang seorang diri berarti kita sudah menyiapkan diri menghadapi berbagai resiko yang mungkin menimpa. Namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan jumlah resiko yang mungkin dihadapi:

Komunikasikan destinasi dan jalur yang akan kita lewati kepada orang terdekat.

Sebelum memulai perjalanan, biasanya saya akan membagikan rute yang akan saya lewati ke group latihan dan kepada istri. Terkadang juga saya memberikan keterangan prediksi waktu, kapan saya mencapai titik- titik tertentu. Sehingga jika terjadi sesuatu, orang-orang terdekat dapat memperkirakan posisi saya.

Update posisi secara berkala.

Ketika mencapai titik tertentu yang gampang diingat, biasanya saya akan berfoto ditempat tersebut. Selain sebagai bahan dokumentasi, foto-foto tersebut saya kirimkan ke orang-orang terdekat sebagai update posisi yang saya lewati.

Pelajari jalur dan kemungkinan resiko sebelum memulai perjalanan.

Ada banyak aplikasi saat ini yang mendukung pemetaan jalur dan lengkap dengan kontur-kontur tanahnya. Biasanya daerah-daerah yang berbahaya akan saya tandai terlebih dulu. Begitupun arah. Biasanya bila daerah baru, petanya akan saya print atau di simpan di gadget yang dibawah.

Bawa perlengkapan yang di butuhkan selama perjalanan.

Semakin jauh perjalanan maka akan semakin banyak perlengkapan yang dibutuhkan. Hal yang mempengaruhi lainnya adalah akses dan kemudahan untuk keluar daerah tersebut jika sesuatu yag tidak diinginkan terjadi.

Perlengkapan wajib dalam bersepeda:

  1. Tanda pengenal. Biasanya saya memakai gelang tag name yang berisikan informasi-informasi darurat seperti nama,alamat,golongan darah dan nomer telpon darurat.
Seni Bertualang Sendiri 6
Contoh gelang identitas yang biasa saya gunakan
  1. Ban dalam dan perlengkapan cadangan untuk perbaikan ringan

Persiapkan fisik dan mental.

Semakin jauh jarak yang akan ditempuh maka biasanya proses latihannya akan lebih lama dan jauh. Semakin baik persiapan maka mental untuk menghadapi perjalanan seorang diri akan lebih baik.

Seni Bertualang Sendiri 7
Cuaca panas dan matahari yang menyengat adalah hal yang harus dihadapi

Petualangan seorang diri memberikan banyak pengalaman pribadi dan memberikan banyak kebahagiaan namun disana terselip pula banyak resiko yang harus siap kita hadapi. Sebagai penutup, berikut beberapa video dokumentasi ketika bertualang sendiri.

Kalau video yang ini beberapa diantaranya bertualang sendiri ada pula yang bersama teman.

15 Comments - Add Comment

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.