Citarasa personal dari si robot ijo (Catatan dari tudang sipulung)

“Android adalah sistem operasi yang dibuat oleh Penggunanya “

Jam hampir menunjukkan 19.30 WIB ketika saya memasuki halaman cafe baca.Saya kemudian memasuki cafe baca namun tak ada satu pun wajah yang saya kenal.Sepertinya belum ada yang datang.Tempat duduk di meja besar menjadi pihan saya.Di samping meja, empat orang bapak-bapak terlibat pembicaraan seru. Topiknya seputar pengadaan/tender project pemerintah.Saya mencuri dengar saja sambil mengecek e-mail pekerjaan yang belum sempat saya baca.

Tak lama muncul Ipul disusul oleh Ucha.pembicaraan pun mengalir seputar dunia selam menyelam.Saya tak banyak komentar,maklum belum punya pengalaman. Tak lama Cafe baca pun mulai rame. Para peserta dari komunitas Anging mammiri maupun dari komunitas android makassar berkumpul di ruangan cafe.

Dari dragon ball sampai  nama makanan

Sekitar jam 20.30 acara pun di buka oleh Ipul, ketua komunitas blogger anging mamiri di susul perkenalan oleh masing-masing peserta tudang sipulung malam itu.Tema malam itu adalah ” ngobrol tentang android “. Android sendiri di temukan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White pad tahun 2003. Sedang nama android sendiri konon kabarnya terinspirasi dari serial dragon ball.Di beberapa sumber yang saya temukan nama  Astro dan Bender.Di masa-masa awal, Android versi 1.0 memiliki kebutuhan storage untuk aplikasi yang cukup besar dan belum dapat diakomodasi secara maksimal oleh perangkat/gadget pada masa itu. Perlahan aplikasi android pun mulai dilakukan perbaikan sampai akhirnya di versi 1.5 ( Cup cake) pun siap untuk di lepas di pasaran.Versi android setelah 1.5 pun berubah menjadi nama makanan.Uniknya nama makana tersebut dibuat bersusun berdasarkan abjad.Ponsel pertama android di lunculkan oleh HTC dengan nama T-mobile G1.Setelah itu sistem android pun mulai di gunakan produsen smartphone lain seiring dengan semakin berkembangnya sistem operasi android. Adalah Samsung yang kemudian di kenal sebagai produsen yang di perhitungkan dalam pasar gadget yang berbasis android.

ada yang angkuh dan ada yang milik bersama.

Malam itu pun sempat di bahas perbedaan sistem operasi android dengan sistem operasi yang lain.Perbedaan mendasar dari sistem android adalah dibolehkannya penggunanya untuk melakukan kostumasi,membuat aplikasi bahkan mendapat maupun memberikan feedback terkait aplikasi yang dibuat. Sehingga muncul idiom bahwa android adalah sisitem operasi yang dibuat dan di gunakan oleh penggunanya sendiri.Hal ini kemudian menjadi lahan untuk tumbuh suburnya developer-developer aplikasi android yang menyediakan aplikasi yang sifatnya free maupun berbayar.

Kebebasan improvisai VS Celah keamanan

Salah satu istilah yang sering yang  di kenal oelh pengguna android adalah rooting. Rooting sendiri adalah upaya untuk mendapatkan akses super user sehingga pengguna melakukan kostumasi bahkan merubah script pada sistem operasi android. Hal ini tentu saja memberikan akses kepada pengguna untuk melakukan kostumasi yang lebih optimal pada hanheld mereka. Termasuk melakukan instalasi software – software yang tidak terdapat dalam google play bahkan software software bajakan.Dengan rooting maka pengguna di mungkinkan untuk melakukan tweaking dan over lock  sehingga kecepatan handheld maupun kapasitasnya dapat dioptimalkan.

Namun disisi lain hal ini kemudian membuat sistem memjadi lebih rentan disusupi oleh malware karena keterbatasan sistem scanning dan proteksi.Rooting kemudian menjadi hal yang tidak disarankan bagi pengguna yang sering menggunakan transaksi perbankan melalui handheld karena potensi kebocoran password maupun di aksesnya file -file penting oleh pihak lain menjadi lebih besar. Dengan rooting juga kemungkinan kerusakan pada handheld menjadi bertambah.

Tak dapat di pungkiri bahwa banyak aplikasi android  yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.Tinggal kita sebagai pengguna menenentukan aplikasi mana yang akan digunakan termasuk di dalamnya aplikasi yang free maupun berbayar. Tudang sipulung malam itu memberikan satu pandangan dari sisi lain dari keseharian seorang pengguna android.

One Response - Add Comment

Reply